5 Alasan Penting Kenapa Kita Harus Pake Panel Surya Saat Ini Juga !!

Saat ini di negara +62 tercinta kita ini sumber energi utamanya adalah energi fosil untuk menghasilkan gas, minyak bumi, dan batu bara. Padahal kan kita tau energi fosil tidak bisa diperbarui jadi bisa saja suatu saat akan habis. Belum lagi polusinya, ga eco friendly bos. Tapi tenang saja, ternyata ada beragam jenis energi terbarukan yang bisa jadi alternatif. Sebut saja Pak Surya, eh maap panel surya maksudnya.

Panel surya adalah salah satu alternatif yang bisa dipasang di rumah. Kalau masih ragu buat pasang panel surya, cek kelima alasan ini skuy biar makin yakin.

  1. Pemanasan global

Beda dengan energi fosil, energi surya tidak menghasilkan emisi pembakaran sama sekali jadi lebih eco friendly. Ditambah panel surya adalah energi yang terbarukan. Dengan pemakaian panel surya maka emisi karbon dari pemakaian energi fosil dapat ditekan. Risiko pemanasan global dan polusi bisa ditekan, kondisi lingkungan yang lebih baik pun tercipta.

  1. Perawatan

Ga usah bingung karena ternyata perawatan panel surya relatif mudah. Begitu dipasang langsung deh nyala. Biasanya pihak penyedia panel surya memberikan jasa perawatan secara menyeluruh. Mulai dari pemasangan, pemeriksaan panel proteksi, pembersihan, kondisi kabel hingga semua jaringan kelistrikan bakalan dicek secara berkala untuk memastikan pemanfaatan panel surya secara optimal.

  1. Umur Sistem Panel Surya

Sistem panel surya ternyata juga cukup awet bisa sampai 25 tahun artinya kita juga sekaligus bisa investasi jangka panjang. Bahkan kalau pindah rumah pun panel suryanya juga bisa kita bawa.

  1. Harga Listrik PLN

Harga listrik PLN kan sifatnya fluktuatif karena ketergantungan terhadap ketersediaan batu bara sebagai sumber energinya. Jadi, tidak mengherankan bukan kalau harga listrik naik terus. Kenaikannya mungkin tidak seberapa tapi kalau dihitung total tiap bulannya ternyata lumayan juga ya. Nah, di sini ini panel surya bisa membantu menghemat biaya listrik PLN.

Kita ambil contoh, anggaplah kita sudah punya panel surya dengan kapasitas 1 kWp. Panel surya tersebut idealnya bisa menghasilkan listrik selama 8 jam dari pukul 08:00 pagi sampai 16:00 sore. Jadi, kita bisa menghemat konsumsi listrik 3,5 kWh per hari atau setara Rp5.000 (asumsi harga listrik PLN: Rp1.400/kWh). Alhasil, kita bisa menghemat Rp150.000 dalam satu bulan, lumayan to.

  1. Bisa “ekspor” listrik ke PLN

Dengan panel surya pun kita juga bisa buat “ekspor” listrik ke PLN. Ini pun juga pencetusnya dari PLN sendiri nama programnya adalah program Net Metering. Untuk pengguna panel surya, PLN akan mengkredit energi listrik yang dihasilkan tenaga surya ke rekening pengguna. Jadi, kita pun dapat mengirim (ekspor) produksi listrik harian ke PLN sekaligus menggunakan (impor) listrik dari PLN untuk digunakan kembali. Tapi, supaya sistem Net Metering bisa jalan, properti kita akan dipasangi alat pembaca meteran listrik dua arah, yaitu kWh Meter EXIM – Ekspor Impor.

Jadi bagaimana, apa sudah yakin untuk menggunakan panel surya sekarang juga?

Disadur dari solarkita.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *